Proses perpajakan yang dilakukan di Bio Farma masih dilakukan secara manual. Invoicing yang dilakukan oleh Marketing dan Sales juga seringkali berubah mendadak dikarenakan harga obat-obatan dan vaksin yang fluktuatif menyesuaikan harga pasar. Karena perubahan tersebut, faktur pajak yang sudah dibuat sering kali mengalami perubahan.
Solusi
ERP Bio Farma menggunakan Microsoft Dynamics, dan layanan Telkompajakku diintegrasikan oleh ERP Bio Farma. Integrasi ini memungkinkan Bio Farma untuk melakukan proses perpajakan yang lebih aman, dengan rekam jejak yang transparan.
Dampak
Sekarang proses perpajakan Bio Farma menjadi lebih rapi. Bersama Telkompajakku, Bio Farma membuat SOP baru di mana perubahan faktur dan invoice hanya bisa dilakukan maksimal 2 kali. Selain itu, integrasi dengan Telkompajakku juga dapat bermanfaat dari segi mitigasi risiko seperti risiko kesalahan pembuatan invoice dan faktur, proses pemeriksaan pajak, hingga meminimalisir jumlah perubahan invoice dan faktur yang sebelumnya kerap terjadi berkali-kali.